..:: SELAMAT DATANG DI BLOG BIOSKOP TRANSPARANT ! Anda dapat Mendownload Film, Membaca Cerita, Belajar by Tutorial, Semoga Menyenangkan ::..

Menu Utama

Minggu, 05 Agustus 2012

Cara Memformat Teks Ms. Word 2010

Alhamdulillah, tidak terasa ternyata kita sudah selesai mempelajari Teks Dasar Microsoft Word 2010. Ini artinya, untuk pertemuan kali ini dan seterusnya, kita akan mempelajari Ms. Word 2010 ke level yang lebih tinggi.

Dalam pertemuan ini, kita akan belajar bagaimana Cara Memformat Teks Word 2010, agar supaya kita lebih efektif dalam membuat dan merancang dokumen.

Selain membuat dokumen lebih menarik, memformat dokumen Ms. Word juga dapat menarik perhatian pembaca serta membantu memudahkan kita menyampaikan pesan kepada para pembaca, sehingga lebih mudah untuk di pahami.

Adapun pelajaran ini mencakup beberapa hal, antara lain belajar untuk memformat ukuran font, gaya dan/atau jenis font dan warna, serta menyorot teks dan menggunakan perintah Bold, Italic serta Underline.

Untuk menyingkat waktu, mari langsung saja kita memulai cara memformat teks microsoft word 2010 dengan baik dan benar. Silakan perhatikan baik-baik tutorial dibawah ini.

Cara Merubah Ukuran Font Microsoft Word 2010

Secara default, ukuran font microsoft word 2010 yaitu 11. Sedangkan dalam membuat dokumen seperti Makalah, Skripsi dan/atau Surat Lamaran Kerja, secara umum menggunakan ukuran font 12. Dengan begitu, maka Anda perlu merubahnya ke ukuran standar, yakni 12.

Untuk merubahnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Pilih teks yang ingin Anda modifikasi atau teks yang ingin Anda rubah ukuran font-nya.
  2. Klik panah drop-down di sebelah kotak Font Size pada tab Homem maka akan muncul menu drop-down dengan berbagai ukuran font, seperti 11, 12, 14, 16 dan seterusnya
  3. Pindahkan pointer mouse pada ukuran font yang ingin Anda gunakan, maka akan muncul sebuah live preview dalam dokumen, seperti gambar dibawah ini
  4. Jika sudah yakin dengan font yang Anda pilih, silakan klik font tersebut

Anda juga dapat menggunakan perintah "Grow Font" dan "Shrink Font" untuk mengubah ukuran font, dengan memilih menu sepertitampak pada gambar di bawah.

Cara Mengubah Jenis Font Word 2010

Secara default, jenis font Ms. Word 2010 adalah Verdana sedangkan untuk ukuran fontnya yaitu 11. Namun, ketika kita membuat sebuah dokumen, secara umum jenis font yang kita gunakan adalah Times New Roman dengan ukuran Font 12 atau banyak juga yang menggunakan jenis Font Arial.

Adapun untuk merubah jenis font microsoft word 2010 yaitu caranya tidak jauh berbeda ketika kita mengubah ukuran font word 2010, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun agar Anda lebih mudah memahami, berikut saya berikan gambar cara merubah jenis font word 2010.

Sekali lagi, untuk langkah-langkahnya sama persis dengan cara merubah ukuran font. Dan gambar diatas hanyalah sebagai contoh, dimana saya menggunakan Font Arial Black dengan ukuran font 22.

Anda dapat memodifikasinya sendiri sesuai selera masing-masing. Jika ada yang kurang paham dari tutorial diatas, silakan ajukan pertanyaan Anda lewat kolom komentar dibawah dan dengan segera saya akan menjawabnya.

Selamat belajar dan nantikan Tutorial Word 2010 selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar