..:: SELAMAT DATANG DI BLOG BIOSKOP TRANSPARANT ! Anda dapat Mendownload Film, Membaca Cerita, Belajar by Tutorial, Semoga Menyenangkan ::..

Menu Utama

Jumat, 16 November 2012

Si Balang Penunggu Gunung Kembang

Si Balang Penunggu Gunung Kembang ini merupakan cerita rakyat dari kabupaten Sarolangun, propinsi Jambi

Pada zaman penjajahan, tepatnya sekitar tahun 1930-an di Kebupaten Sarolangun atau lebih tepatnya di daerah Tanjung Rambai sekarang hiduplah seorang nenek yang sudah sangat tua. Nenek itu ditemani oleh seorang cucunya si Balang yang tampan, berakhlak baik dan juga sangat sayang kepadanya. Ditempat tinggal mereka terdapatlah sebuah gunung yang dikelilingi bukit-bukit. si Balang selalu bingung melihat neneknya yang setiap hari jum'at selalu membersihkan rumput yang ada disekitar gunung itu. Namun ia sempat berfikir bahwa itu hanya rutinitas neneknya saja dan berusaha menghilangkan pikiran bingung itu dari benaknya. Akan tetapi, suatu hari neneknya tiba-tiba sangat marah padanya dikarenakan si Balang lupa mengingatkan neneknya untuk pergi kegunung dan membersihkan rumput disana pada hari jum'at yang lalu. Neneknya tidak pernah semarah ini pada si Balang sehingga membuat si Balang bingung lagi dan berfikir betapa pentingnya membersihkan Gunung itu.


Pada suatu hari diberanikan dirinya untuk bertanya tentang kebingungan yang selama ini mengganjal dibenaknya.

"Nek, Balang ingin bertanya pada nenek," kata si Balang saat neneknya sedang duduk di serambi rumah untuk menghirup udara segar pagi itu sambil ditemani sepiring singkong rebus.

"ya, cu. Kamu bertanya apa?" tanya neneknya sambil mengunyah singkong rebus.

"Nek, seberapa penting kebersihan gunung itu bagi nenek?" tanya Balang.

"Kenapa kamu bertanya seperti itu? bukankah kamu senang melihat gunung itu bersih? coba kamu lihat kesana, udara yang kita hirup dari sana begitu sejuknya.Tapi kalau gunung itu tidak terurus, apakah kamu bisa menjamin udara akan sesegar ini?." jelas neneknya dengan serius.

"Tapi, kenapa nenek mesti membersihkannya setiap hari jum'at"? kenapa tidak pada hari yang lain?dan kenapa nenek marah ketika aku lupa mengingatkan nenek untuk membersihkan gunung itu jum'at lalu?bukankah nenek bisa membersihkannya hari sabtu, ya kan nek?" kata Balang mengeluarkan kebingungan yang selama ini membendung di hatinya.

"Cu, kamu tersinggung juga ya saat nenek memarahimu? Cu, nenek sudah terbiasa melakukan itu. Jadi sewaktu nenek lupa, nenek merasa ada yang lain pada nenek dan kenapa nenek membersihkannya hari jum'at? itu karena hari jum'at lah nenek punya waktu banyak, selain itu nenek harus ke kebun, ya kan?" jelas nenek.

Si Balang pun mengangguk mengerti. Perlahan demi perlahan si Balang pun melupakan hal itu.

"Sebenarnya, nenek memang menyimpan sebuah rahasia besar dari kamu, balang. Kamu memang cerdas, bisa menganalisa keanehan yang nenek lakukan. Tapi karena usia mu yang masih muda terpaksa nenek rahasiakan hal ini dari kamu. Besok jika tiba saatnya nenek akan memberitahukan semuanya kepadamu" guman nenek didalam hati saat si Balang pergi memandang gunung dan bukit sekitar rumahnya.

Lama-lama, hari terus berlalu si Balang tumbuh dewasa menjadi seorang pria yang tampan, cerdas dan baik. Sedangkan nenek tambah tua dan tidak bisa lagi berjalan.

Suatu hari dipanggilah si Balang dengan wajah sangat serius. "Cucuku, kemarilah dan duduk disini." Panggil nenek kepada Balang untuk duduk disisi depan tempat tidurnya,

"Ya, nek. Ada apa nenek memanggilku dengan wajah yang sangat serius?" Tanya balang.

"Begini Cu. Nenek kan sudah sangat tua dan kamu pun sudah semakin dewasa. Nenek rasa sekarang adalah saat yang tepat untuk menceritakan kepadamu tentang sebuah rahasia yang sangat besar" kata nenek memulai percakapan.

"Rahasia besar apa yang nenek sembunyikan dari balang" tanya si Balang serius.

"Cu, berjanjilah kamu akan menjaga tempat ini setelah nenek tiada. Ditempat ini nenek banyak pengikut yang menjaga rumah, gunung bukit dan pohon beringin yang ada disekitar rumah kita ini. Cu, ketahuilah pengikut nenek tidak bisa kamu lihat kecuali atas izin nenek. Itulah mengapa nenek membersihkan gunung itu setiap hari jum’at, karena gunung itu suci, belum pernah terjama oleh manusia manapun yang sengaja ingin mencarinya. Hari jum’at adalah hari ibadah, oleh karena itu nenek membersihkan gunung itu setiap hari jum’at supaya gunung itu tambah suci."

Kata nenek sambil terbatuk-batuk.

"Nek, jika pengikut nenek bertugas menjaga bukit, gunung dan pohon beringin, apakah itu berarti bukit, gunung dan pohon beringin mempunyai petuah sehingga harus dijaga." tanya si Balang.

"Ya Cu, disekitar gunung terdapat sungai yang disebut sungai istana, disekitarnya juga terdapat Bedil Talinggam, taman yang indah. Cobalah nanti kamu memanjat pohon beringin itu, kamu akan melihat betapa indahnya gunung itu karena dikelilingi bunga. Bunga yang cantik dan gunung itu lah yang harus kamu jaga karena nanti gunung itu akan menjadi ciri khas tempat ini." kata nenek mengakhiri ceritanya.

"Ya Nek, Balang menjaga amanat nenek."

Pada malam hari, nenek memanggil semua pengikutnya dari tempat-tempat tidurnya dan berkata.

"Wahai pengikutku, tempat ini akan aku berikan kepada cucuku yang nanti akan menjadi tuanmu. Ingat jika ada orang yang berani mengganggunya maka bunuh saja orang itu." Kata nenek itu.

Hari berlalu, minggu berganti. Nenek merasa usianya sudah tidak lama lagi. Lalu dipanggilnya balang cucu tersayangnya.

"Cu, nenek nenek merasa usia nenek sudah tidak lama lagi. Oleh karena itu rawatlah tempat ini karena patuahnya besar dan jika ada yang bertanya tentang gunung itu, maka berkatalah bahwa kamu adalah si Balang penjaga gunung kembang sehingga orang akan percaya bahwa gunung itu memeng ada." Nenekpun menghembus napas terakhirnya dihadapan cucunya, si Balang.

Begitulah, konon tempat itu aman dari penjajahan dan dalam waktu yang tidak begitu lama, tempat itu di penuhi oleh Tranmigran.

Adapun Bedil Talinggam, selalu akan berbunyi jika di tempat itu bahkan Kabupaten Sarolangun dalam keadaan berbahaya, dan anehnya penduduk sekitar itu tidak mendengar ledakan Bedil Talinggam kecuali tempat yang sedang dalam keadaan bahaya.

Sedangkan Bendera putih akan melayang keatas untuk memberitahukan kepada Tentara Indonesia yang berjaga di udara untuk memberitahukan bahwa daerah Sarolangun dalam keadaan goncang dan berbahaya.

Itulah ciri khas dari kota Sarolangun sekarang, daerah Gunung Kembang yang menjadi pusat pemerintahan Sarolangun, Bendera Putih Idak Batiang dan Bedil Talinggam yang diduga sampai sekarang masih ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar